× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Digitalisasi Wisata untuk Gaet Lebih Banyak Wisatawan

28 April 2022
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Credit Photo / Sindo

Epicentrum.co.id - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dan Telkomsel bekerja sama dalam implementasi teknologi internet of things (IoT) dan digitalisasi wisata yang berada di bawah pengelolaan perseroan, termasuk kawasan Taman Impian Jaya Ancol.

Dengan kolaborasi digitalisasi wisata ini, maka Telkomsel dan Ancol sepakat untuk selanjutnya membuka potensi kerja sama lebih dalam untuk menghadirkan customer journey dan engagement yang lebih baik dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap pengunjung atau wisatawan.

Keduanya juga berharap dapat merealisasikan solusi cost-saving for utilities hingga 30 persen, serta asset monitoring yang lebih efektif di kawasan properti wisata Ancol menggunakan ekosistem aset dan solusi digital yang dihadirkan melalui unit bisnis Telkomsel Enterprise.


"Kerja sama strategis ini bagian dari dukungan transformasi digital Pembangunan Jaya Ancol. Kami juga meyakini dapat menghadirkan berbagai solusi digital yang membukakan lebih banyak potensi kemajuan dalam mengakselerasi transformasi digital pada sejumlah destinasi wisata yang dikelola Ancol," ujar Direktur Penjualan Telkomsel Adiwinahyu B. Sigit, Rabu, 27 April 2022.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Transformasi dan Pengembangan Bisnis Pembangunan Jaya Ancol Wing Antariksa mengaku terus berinovasi dalam pengembangan produk dan layanan.

Setelah menerapkan digitalisasi dalam online ticketing dan meluncurkan Ancol Apps, kini Ancol tengah menyiapkan transformasi digital ke tahap selanjutnya, yaitu Smart & Green Theme Park pertama di Indonesia.

Kerja sama ini melandasi peluang dalam penerapan IoT dan electric vehicle sebagai pengalaman baru dalam industri rekreasi dan pariwisata.

"Kami berharap kolaborasi dengan Telkomsel dapat menaikkan interaksi antara Ancol dengan pengunjung melalui saluran digital terkini, yang bertujuan untuk meningkatkan antusiasme pengunjung berwisata ke Ancol. Pada tahun ini, Ancol menargetkan jumlah kunjungan naik 57 persen atau di angka 5,5 juta pengunjung," jelas Wing.

Pada tahap awal, Telkomsel dan Ancol akan menjajaki sejumlah skenario implementasi use-case solusi bisnis dan layanan berbasis teknologi internet of things (IoT).

Pertama, Telkomsel akan mengembangkan aspek Customer Experience pada destinasi wisata Ancol dengan implementasi Smart Utility, Smart Lighting, Electric Vehicle, Autonomous Bus, hingga Integrated Smart Dashboard.

Kedua, sebagai use-case pada aspek Digital Engagement dan Single Customer View di destinasi wisata Ancol, Telkomsel akan mengembangkan Customer Engagement Platform.

Ketiga, Telkomsel juga berencana menerapkan use-case RFID dan Computer Vision untuk digitalisasi Visitor Tracking dan Crowd Management.

Lalu, untuk meningkatkan produktivitas pengembangan sistem digital di Ancol, Telkomsel juga akan mengimplementasikan Officeless Operation System dengan kapabilitas Low Code Platform.

"Semoga kolaborasi ini dapat menjadi contoh bagaimana potensi akselerasi transformasi digital dapat ditemukan dan diimplementasikan di berbagai sektor industri di Indonesia," ungkap Wing.


VIVA.CO.ID


Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.