Semester I 2022, Produk Ini Paling Laris di e-Commerce Versi Tokopedia

epicentrum.co.id, JAKARTA - Tokopedia mencatat kategori Ibu dan Anak masih menjadi salah satu kategori yang paling laris di e-commerce Tokopedia selama tahun 2022.
"Transaksi pada kategori ini terus meningkat. Bahkan pada Semester I 2022, tercatat jumlah transaksi sub kategori Ibu dan Anak naik lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama di 2021," jelas Head of Category Development Tokopedia, Ramadhan Niendraputra, Rabu (2/11/2022).
Ia menambahkan, di kuartal III 2022, produk seperti Makanan & Susu Bayi, Popok, Perlengkapan Mandi Bayi, Perawatan Bayi, dan Perlengkapan Makan Bayi merupakan beberapa produk yang paling banyak diburu pada sub kategori Ibu dan Anak.
Sementara itu, di sub kategori Fesyen Anak, Tas Ransel Anak, Kaos Anak Laki-Laki, Sneakers Anak Laki-Laki, Setelan Anak Laki-Laki, dan Dress Anak Perempuan menjadi yang paling laris di kuartal III ini.
Jumlah pembeli untuk kategori ini pun semakin meningkat. Tokopedia mencatat ada kenaikan sekitar 1,5 kali lipat pada Semester I 2022 dibandingkan dengan Semester I 2021.
Di sisi lain, Kota Medan, Palembang, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Kabupaten Sidoarjo menjadi Kota/Kabupaten dengan transaksi tertinggi di kategori Ibu dan Anak dari Tokopedia.
Tren ini turut didorong oleh sederet inisiatif dari Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan orang tua akan produk yang berkaitan dengan anak.
Baca juga: Selama Oktober 2022, Kepri Alami Deflasi Akibat Harga Komoditas Pangan Turun
Seperti Tokopedia Parents, sebuah ekosistem khusus di Tokopedia untuk mempermudah masyarakat, terutama komunitas orang tua, mendapatkan produk kebutuhan serta informasi relevan berkaitan dengan anak, keluarga dan rumah tangga.
"Data internal kami mencatat bahwa jumlah penjual yang ikut dalam Tokopedia Parents pun naik lebih dari 3 kali lipat pada kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021," ujar Ramadhan.
Iklan untuk Anda: Ibu Rumah Tangga Ditemukan Dalam Perut Ular Raksasa: Rekamannya shocking!
Advertisement by
Berangkat dari kesulitannya dalam mencari pakaian bayi yang nyaman dan multifungsi dengan harga terjangkau, Febrina Oktaviani, akhirnya mendirikan toko online "Kalale".
Dalam memasarkan produknya, Oktaviani memanfaatkan platform digital seperti Tokopedia.
Meskipun baru memulai usaha di awal pandemi, namun omzetnya di Tokopedia sudah bisa mencapai hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya.
"Saya merasa, aktif mengikuti program kampanye di Tokopedia menjadi salah satu kunci dalam meningkatkan penjualan. Terbukti, penjualan kami naik hingga mencapai 3 kali lipat saat mengikuti kampanye di Tokopedia," jelas Oktaviani.
Di sisi lain, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif hyperlocal untuk lebih mendekatkan UMKM lokal di berbagai daerah, termasuk kategori yang berhubungan dengan produk kebutuhan anak, dengan pembeli setempat agar memiliki kesempatan yang sama untuk bertumbuh.
Tercatat pengiriman terjauh untuk kategori Ibu dan Anak serta Fesyen Anak terjadi dari Banten ke NTT (Kupang). (Tribun)
RELATED POST

