abo Bantu Tenaga Medis, Bakrie Group Kembali Salurkan APD di Makasar | Epicentrum
× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Bantu Tenaga Medis, Bakrie Group Kembali Salurkan APD di Makasar

16 April 2020
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Bakrie Group kembali menyalurkan bantuan APD di Makassar, Sulawesi Selatan. (Foto: Bakrie Amanah)

Epicentrum.co.id - Komitmen Bakrie Group membantu tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan covid-19, kembali ditunjukkan dengan menyalurkan Alat Pelindung Diri (APD) di Kota Makasar, Sulawesi Selatan.

Bantuan APD disalurkan melalui relawan Bakrie Amanah di Makassar, Kamis (16/4/2020), yang diberikan melalui Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Makassar dan Rumah Sakit Umum Bahagia, Makassar.

Mewakili Respons Team Covid-19 Bakrie Group, Yuli Wulan Sari, mengatakan saat ini Alat Pelindung Diri (APD) masih menjadi alat bantu yang penting dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit. Ia juga menyampaikan bahwa pemakaian APD bagi petugas medis disesuaikan dengan tingkat risiko pelayanan.

"Sementara bantuan APD masih banyak terkonsentrasi di level 3 yaitu untuk tenaga medis yang langsung berinteraksi dengan pasien suspect atau positif Covid-19 berupa APD lengkap. Sementara ada 2 level lagi yaitu tenaga medis di seperti yg bekerja di layanan umum, pra pemeriksaan dan di poliklinik, kurang mendapatkan perhatian. Mereka juga memerlukan APD seperti masker, sarung tangan dan penutup kepala." katanya.

Yuli juga menghimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama mendukung tenaga medis, selain upaya untuk menghindari dari penularan Virus Corona, penggunaan APD juga dapat menjaga kestabilan psikologis petugas dalam menjalankan peyananannya.

Respons Team Covid-19 Bakrie Group menyatakan bahwa hingga saat ini sudah disalurkan APD untuk 24 rumah sakit, termasuk dua rumah sakit di Makassar tersebut.

Menyambut bantuan APD dari Bakrie Group, Direktur RSU Bahagia, Makassar, dr. Sukmawati menyampaikan rasa terima kasih atas bantuan APD, sekaligus menyampaikan apresiasi atas dukungan kepada tenaga medis.

"Terima kasih kami ucapkan untuk Bakrie Group, ini adalah bentuk dukungan masyarakat, termasuk kelompok Bakrie, kepada kami yang langsung berhubungan dengan pasien baik PDP ataupun pasien positif terinfeksi covid-19."ungkap dr. Sukmawati.

Hal senada disampaikan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 IDI (Ikatan Dokter Indonesia) cabang Makasar, dr. Muhammad Sakti. Ia menyampaikan bahwa IDI akan meneruskan ke beberapa Puskesmas yang terus aktif dalam memberikan pelayanan kepada pasien di masa darurat covid-19 ini.

"IDI Cabang Makasar menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih khusunya kepada Bapak Aburizal Bakrie, melalui timnya, telah menyalurkan APD ke Makasar. Insya Allah kami akan segera menyalurkan ke beberap Puskesmas yang terus aktif memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien," ungkap dr. Muhammad Sakti.


Sebelumnya, Respons Team Covid-19 Bakrie Group sudah menyalurkan APD untuk 23 rumah sakit di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi).

Selain pemberian APD untuk para tenaga medis, saat ini Kelompok Usaha Bakrie, melalui Bakrie Amanah, juga sudah menyalurkan program ketahanan pangan yang diberikan kepada masyarakat terdampak pandemik global covid-19.

"Saat ini dampak pandemik global covid-19 telah berdampak kepada sektor ekonomi, khususnya wirausaha kecil dan pekerja harian. Untuk itu kami sudah dan akan terus menyalurkan program ketahanan pangan dengan berkoordinasi dengan mulai perusahaan-perusahaan lainnya di Kelompok Usaha Bakrie ." pungkas Yuli. (KlikANTV)

 
Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.