× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Indonesia Kedatangan Motor Listrik Baru, Electrum H5

10 November 2023
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Gredit Photo / Tribunnews

Epicentrum.co.id - Perusahaan teknologi Indonesia, Electrum, meluncurkan motor listrik pertamanya, H5, di Jakarta, Kamis 9 Novmeber 2023.

Motor ini dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia, yang dinilai memiliki budaya dan cara pandang yang unik terhadap motor.

Desainer Produk Electrum, Rayhan Arifinsyah mengatakan bahwa riset dan pengembangan hingga pengujian H5 dilakukan di Tanah Air, sehingga motor listrik itu dinilai cocok untuk mengarungi berbagai karakteristik medan di Indonesia.


"Indonesia memiliki budaya dan cara pandang yang unik terhadap motor, tidak hanya sebagai alat transportasi, tapi, juga menjadi bagian dari hidup, dan H5 dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia," ujarnya, dikutip VIVA Otomotif di Jakarta.

Electrum H5 memiliki kompartemen dalam yang luas, dapat menyimpan dua buah baterai dan helm sekaligus. Bahkan, Rayhan mengklaim, ruang di bagian depan mampu memuat satu buah galon air ataupun tabung gas LPG.

"H5 didesain memiliki fungsionalitas yang tinggi, menyesuaikan kebutuhan motor yang harus lincah dan tetap nyaman kalau dipakai dalam waktu yang lama karena motor orang Indonesia menjadi tulang punggung," tuturnya.

Sementara mengenai performa, Insinyur Mekanik Electrum, Yuditya Pratamaputra mengklaim H5 memiliki kecepatan puncak 90 kilometer per jam dan mampu berakselerasi dari nol hingga kecepatan 60 km per jam dalam waktu enam detik.

Baterai dari H5 pun dibuat ringkas dengan berat kurang dari 10 kilogram, berkapasitas 1,8 kWh. Baterai tersebut juga telah memiliki sistem manajemen baterai (BMS) dan IoT, yang berarti memiliki sejumlah sensor pintar dan dapat digunakan untuk mengumpulkan data mengenai kondisi baterai itu sendiri.

Selain motor listrik, Electrum juga mengenalkan teknologi pendukung seperti baterai, Battery Swap Station (BSS), dan aplikasi digital bernama ELMA.

BSS merupakan tempat pengisian daya baterai motor Electrum yang tersebar di berbagai lokasi seperti SPBU dan lokasi lainnya untuk menukar baterai dengan unit lainnya sehingga tidak diperlukan waktu menunggu saat pengisian daya.

Perusahaan juga tengah mendaftarkan H5 ke instansi terkait untuk mendapatkan sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN), yang berujung pada subsidi dan insentif pemerintah terhadap motor listrik.

"Saat ini sedang proses untuk mendapat sertifikat TKDN," kata Managing Director Electrum, Patrick Adhiatmadja.


VIVA.CO.ID

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.