× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Buat Inovasi Pelelangan, 2 Ekonom AS Raih Nobel Ekonomi 2020

13 Oktober 2020
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
The Global Herald

Epicentrum.co.id - Dua ekonom Amerika Serikat (AS), Paul Milgrom dan Robert Wilson, mendapat Nobel Ekonomi 2020. Keduanya mendapat penghargaan prestisius itu atas prestasinya yakni “memperbaiki teori pelelangan dan penemuan format baru pelelangan."

Penghargaan untuk Paul Milgrom dan Robert Wilson diumumkan oleh Komite Nobel, Senin (12/10/2020)

“Pelelangan terjadi di seluruh tempat dan memengaruhi kehidupan keseharian kita,“ demikian pernyataan Komite Nobel.

Inovasi yang dilakukan kedua ekonom dari Universitas Stanford di California tersebut dinilai memberikan keuntungan bagi penjual, pembeli, dan pembayar pajak di seluruh dunia.

“Format baru pelelangan adalah contoh menarik dari bagaimana riset dasar dapat secara langsung mendorong penemuan yang menguntungkan masyarakat“, demikain pernyataan itu lebih lanjut.

Pelelangan dimanfaatkan untuk menjual dan membeli beragam barang dan jasa, termasuk listrik, aset finansial, kuota penangkapan ikan dan subsidi emisi.

Pada tahun 1994, kedua pakar ekonomi tersebut merancang aturan untuk Komisi Komunikasi Federal AS dalam pelelangan frekuensi radio untuk operator telekomunikasi. Format yang mereka temukan tersebut kemudian digunakan secara global untuk alokasi perizinan bernilai miliaran dolar AS.

Nobel Ekonomi, yang secara tenis dikenal sebagai Sveriges Riksbank Prize in Economic Sciences, diciptakan oleh Bank Sentral Swedia. Hadiah ini diberikan sebagai penghargaan kepada Alfred Nobel. Inilah satu-satunya hadiah Nobel yang tidak digagas oleh penemu dan dermawan Swedia itu.

Basis dari hadiah Nobel Eonomi adalah donasi yang diterima oleh Komite Nobel padatahun 1968 dari Sveriges Riksbank dalam rangka ulang tahunnya yang ke 300.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.