× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Ramai Soal Penghapusan Premium, Ini Kata Menteri ESDM

24 November 2020
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Ilustrasi. Foto: Donang Wahyu/Katadata

epicentrum.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif akhirnya buka suara soal wacana penghapusan BBM jenis Premium, yang disebut akan mulai dilakukan pada Januari 2021.

Dalam gelaran Rapat Kerja dengan Komisi VII DPR RI, Arifin menegaskan, pihaknya belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait penghapusan BBM penugasan tersebut.

"Sebetulnya kami nggak melakukan statement apa-apa juga di antara lingkungan tidak melakukan statement apa-apa," ujarnya, Senin (23/11/2020).

Lebih lanjut, Arifin menyebutkan, pemerintah melalui PT Pertamina (Persero) hanya melakukan edukasi terkait penggunaan BBM dengan nomor oktan lebih tinggi guna menekan kadar emisi gas buang, melalui program diskon harga Pertalite.

"Ini beberapa daerah, dan sambutannya cukup baik," katanya.

Menurutnya, program tersebut perlu dilakukan, mengingat saat ini hanya tinggal tiga negara saja yang menggunakan BBM dengan nomor oktan selevel Premium. Kendati demikian, Arifin memastikan, sampai saat ini Pertamina masih tetap menyalurkan Premium, sebab dirinya belum mengeluarkan pernyataan resmi.

"Sementara ini situasinya sepeti biasa, dan alokasi sendiri untuk tahun depan tetap akan kita penuhi," ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan KLHK MR Karliansyah, mengatakan, dirinya pada Senin (9/11/2020) lalu baru saja bertemu dengan Direktur Operasi Pertamina dan mengatakan per 1 Januari 2021 Pertamina bakal menghilangkan Premium di Jawa, Madura, dan Bali.

"Syukur alhamdulillah Senin lalu saya bertemu Direktur Operasi Pertamina. Beliau menyampaikan per 1 Januari 2021, Premium di Jamali khususnya akan dihilangkan. Kemudian menyusul kota-kota lainnya di Indonesia," ujar Karliansyah dalam sebuah diskusi virtual. (kompas)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.