× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Jokowi : Kemitraan Dorong UMKM Naik Kelas

19 Januari 2021
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Credit Photo / Istimewa

Epicentrum.co.id - Pemerintah berusaha melembagakan kerja sama kemitraan usaha besar dengan UMKM dan koperasi. Hal ini adalah merupakan amanat dalam UU No 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang bertujuan memudahkan berusaha bagi UMKM dan membangun dunia usaha yang inklusif berkeadilan.

Presiden Joko Widodo dalam acara penandatanganan kerja sama kemitraan usaha besar dengan UMKM di Jakarta, Senin 18 Januari 2021 mengatakan, kemitraan adalah hal yang sangat penting guna mendorong UMKM naik kelas dan bisa masuk dalam rantai pasok produksi global. Kerja sama itu akan meningkatkan kualitas produk, desain dan manajemen sehingga meningkatkan daya saing.

Acara tersebut hadir 29 pemodal asing dan 27 pemodal dalam negeri menandatangani kontrak kerja sama kemitraan dengan 196 UMKM di sejumlah daerah. Kontrak kerja sama antara usaha besar dan UMKM ini mempunyai potensi nilai kontrak sebanyak Rp. 1,5 triliun.

Joko Widodo juga menyampaikan, "Pengembangan usaha besar harus melibatkan UMKM. Bisnis model kemitraan harus terus dilembagakan, harus menemukan pola relasi yang saling menguntungkan antara usaha besar dan UMKM. Semuanya harus untung," Presiden mengingatkan.

Sementara, Kepala BKPM Bahlil Lahdalia mengatakan, kemitraan antara usaha besar dan UMKM merupakan implementasi dari tujuan investasi berkualitas dan inklusif. Inklusif artinya ada keseimbangan investasi di Pulau Jawa dan luar Jawa serta keseimbangan peran penanaman modal asing dan penanaman modal dalam negeri. Kerja sama kemitraan ini merupakan amanat pasal 90 UU Cipta Kerja.

Dihubungi terpisah, Khalid Zabidi, anggota Tim Serap Aspirasi UU Cipta Kerja Kemenko Perekonomian, mengatakan, "Proses harmonisasi dan sinkronisasi RPP dan RPerpres sudah selesai, PP dan Perpres akan segera ditandatangani oleh Presiden pada Februari,"

Khalid menambahkan, "acara penandatanganan kerja sama usaha besar dan UMKM yang dilakukan Presiden RI bisa dikatakan sebagai kick off untuk menciptakan dunia usaha yang inklusif dan berkeadilan sejalan dengan amanat UU Cipta Kerja dan aturan turunannya," terang Khalid Zabidi.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.