× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Mengenai Hepatitis Akut, Kenali Penyakit dan Gejalanya

11 Mei 2022
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Ilustrasi: Gejala penyakit Hepatitis (Photo: U-Report)

epicentrum.co.id, JAKARTA - Belakangan ini pemberitaan mengenai hepatitis marak kita jumpai, hal ini sejalan dengan ditemukannya kasus penderita hepatitis akut di berbagai benua, seperti Eropa, Amerika dan Asia.

Kasus ini terus bertambah dan dikabarkan menginfeksi anak-anak, terbaru VIVA telah merangkum kasus hepatitis akut di Indonesia telah mencapai 19 pada pasien anak.

Lalu apa sebetulnya hepatitis akut? Berikut VIVA telah merangkumnya dari berbagai sumber informasinya.

Hepatitis akut adalah liver yang mengalami radang atau inflamasi. Hepatitis akut umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Meski demikian, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan peradangan pada hati, seperti: infeksi bakteri, kerusakan liver, dan cedera pada bagian liver.

Seperti yang dikabarkan VIVA sebelumnya, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia menyampaikan, Kementerian Kesehatan terus melakukan investigasi pada kasus hepatitis akut, pihaknya mencatat terdapat 20 persen penambahan kasus.

Awalnya penyakit ini ditemukan pada anak usia 1 bulan hingga 16 tahun. Sampai saat ini, penyebabnya masih belum diketahui.

Dikutip dari tvOneNews Dokter spesialis anak Hanifah Oswari menyebut penyakit misterius ini sebagai hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya. Menurutnya kasus hepatitis disebabkan oleh virus hepatitis A,B,C,D,E akan tetapi untuk kasus hepatitis akut ini berbeda.

Lanjutnya ia juga menjelaskan, virus hepatitis akut menyerang anak-anak usia 16 tahun, tetapi lebih banyak lagi pada usia di bawah 10 tahun. Hepatitis akut juga diduga menjadi penyebab kematian 3 anak di Indonesia, ketiganya dirawat di RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta sebelum menghembuskan nafas terakhir dalam kurun waktu yang berbeda.

Ikatan Dokter Indonesia (IDI) memberikan informasi mengenai gejala hepatitis akut berdasarkan kasus yang dilaporkan, Sebagai berikut:

  • Kelelahan 
  • Mual 
  • Menurunnya nafsu makan 
  • Nyeri pada hati yang menyebabkan rasa tidak enak pada perut 
  • Urine yang keruh 
  • Gejala menyerupai flu 
  • Diare
  • Feses berwarna pucat 
  • Demam Nyeri otot dan sendi 

Diketahui hepatitis akut terjadi secara tiba-tiba dan dalam waktu singkat. Untuk menghindari penyakit ini, kamu bisa menerapkan standar hidup sehat seperti di masa pandemi COVID-19, pastikan kamu menerapkan pola hidup bersih dengan mencuci tangan dan mengenakan masker. (VIVA)

 

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.