× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Jabodetabek Perlu di Lockdown Untuk Hindari Penyebaran Virus Corona

12 Maret 2020
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Khalid Zabidi (ist)

epicentrum.co.id - Penyebaran virus Corona, atau Covid-19 yang semakin meluas, baik dalam skala global maupun nasional, memberikan kekhawatiran di masyarakat. Terlebih setelah badan kesehatan dunia, WHO, menyatakan penyebaran virus tersebut sebagai pandemik.

Di Indonesia, Jakarta menjadi pusat perhatian terkait hal ini. Para pasien yang positif mengidap virus tersebut dipusatkan pengobatannya di RS Sulianti Saroso, Jakarta. Hal jelas mengkhawatirkan warganya yang khawatir Jakarta menjadi kota tempat penyebaran virus corona di Indonesia.

Sebagaimana ditemui Epicentrum.co.id pada hari Kamis (12/3/2020) ini, beberapa warga mengungkapkan kekhawatiran tersebut.

Khalid Zabidi, warga DKI tinggal di Jakarta Selatan yang ditemui Epicentrum.co.id mengatakan risiko virus Corona yang mengancam kehidupan warga seharusnya membuat pemerintah bertindak sangat serius. Termasuk menyiapkan skenario terburuk.

"Pemerintah harus super serius tangani wabah Corona ini mengingat resiko yang begitu besar mengancam kesehatan dan kehidupan warga negara apalagi WHO telah menyatakan bahwa wabah Covid 19 ini adalah pandemik," ujar Khalid.

Khalid Zabidi menambahkan, bahwa skenario terburuk harus dihadapi pemerintah bila tidak segera mengambil-langkah-langkah intensif terkait penanganan virus ini. "Beberapa simulasi the worst scenario telah menunjukkan bahwa apabila pemerintah tidak segera lakukan tindakan penanganan secara serius terkait penyebaran virus Corona ini bisa menyebabkan ribuan orang terpapar dan ratusan orang kritis hanya dalam 18 hari," jelasnya.

Khalid mengatakan, beberapa negara telah mengunci diri atau lockdown untuk menghindari penyebaran penyakit ini secara meluas sebagai tindakan preventif bagi negara dan warganya. Contoh terkini yang melakukan hal itu yaitu Italia. Pemerintahnya sangat serius menangani virus Corona dengan mengunci (lockdown) negara pizza tersebut agar penyebaran virus dapat segera tertangani.

Berkaca pada kasus Italia, Khalid mengatakan bahwa opsi lockdown terhadap kota Jakarta dan sekitarnya perlu dipertimbangkan untuk mengendalikan penyebaran virus tersebut.

"Jakarta dan sekitarnya Jabodetabek harus ditangani lebih serius agar penyebaran virus Corona dapat dikendalikan, berbagai pihak khususnya pemerintah perlu mengambil langkah lockdown," tukasnya. (epicentrumnews)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.