× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Tonjolkan Festival Berbasis Masyarakat, Ketua KORMI Jabar Apresiasi Gelaran Layangan Lakbok

22 Oktober 2023
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Gredit Photo / Istimewa

Epicentrum.co.id - Festival Layang Lakbok 2023 di area Pesawahan Dusun Kedungsari, Desa Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat (Jabar), yang digelar pada Sabtu malam, 21 Oktober 2023, memikat masyarakat juga wisatawan lokal maupun nasional.

Ketua Komite Olahraga Masyarakat (KORMI) Jabar, Denda Alamsyah, mengapresiasi kreativitas masyarakat Lakbok terhadap festival yang berlangsung 20 -22 Oktober 2023.

"Saya yakin masyarakat gembira, masyarakat Lakbok penuh kreatifitas. Suasana malam ini mencerminkan nilai kerbersamaan dan kegembiraan yang nyata dalam keragaman masyarakatnya. Tentunya Festival Layangan yang di adakan tiap tahun ini bisa dicontoh juga di daerah daerah lainnya di Jawa Barat ," ujar Denda Alamsyah dalam keterangannya, Minggu (22/10/2023).

Denda berharap festival ini dilaksanakan secara rutin dan tetap dengan ciri khasnya selama ini, yaitu dengan tetap menjaga nilai tradisi serta semangat masyarakat Lakbok.

''Semoga kedepannya dengan gelaran rutin tentu ini akan menguatkan karakter masyarakat disini (Lakbok) untuk tetap eksis dalam menciptakan kreasi kreasi dalam festival layangan. Dan sudah nampak jelas dan sangat terasa impact dari acara tersebut, kita perhatikan bukan hanya kegembiraan di masyarakat saja namun terlihat jelas adanya perhatian dari dari wisatawan dari luar daerah,'' Tandas Denda Alamsyah.

Dikutip dari ciamiskab.go.id, Festival yang telah menjadi program tahunan dan merupakan salah satu event unggulan di Kabupaten Ciamis, mulai digelar kembali setelah sempat mengalami vakum karena pandemic cofid-19, Festival Lakbok digelar lagi mulai dari hari Jumat 20 hingga Minggu22 Oktober 2023.

Festival yang melibatkan Pemkab Ciamis melalui Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis, digagas oleh Yayasan Masyarakat Pematang Sawah X Pokdarwis Sindur Luhur.

Ada beberapa acara yang akan disajikan dalam festival ini dianataranya kompetisi layangan tradisional nasional di bawah naungan komunitas Pelangi (Perkumpulan Pelayang Seluruh Indonesia).

Acara kali ini mengusung tema 'Galuh Kite Fest Road To Muri 2024' yang diikuti 3000 peserta dari 17 Provinsi se-Indonesia.

Di hari pertama acara, Jumat 20 Oktober 2023, dilaksanakan kegiatan helaran, sawal pertanian, berbagai hiburan seperti angklung, degung, janeng dan kuda lumping.

Hari kedua Sabtu, 21 Oktober 2023 diisi acara pentas seni domba, penampilan seni bela diri pencak silat, penampilan solo akustik, orkestra pematang sawah.

Dan di tutup di hari ketiga, Minggu 21 Oktober 2023 dengan dilangsungkan kompetisi layangan aduan.

Pada saat malam pembukaan turut hadir Ketua KORMI Jawa Barat, Ketua KORMI Kabupaten Ciamis Nur Muttaqim, ketua Pelangi pelangi nasional Sari Madjid serta unsur Muspida Pemkab Ciamis.

Sebagai festival berbasis Masyarakat, Layang Lakbok lebih menonjolkan potensi-potensi alam persawahan, kuliner dan kesenian tradisi. Terlihat pada saat pembukaan ribuan masyarakat dari berbagai daerah datang ke festival.

Di lokasi festival yang berada di tengah area persawahan terdapat berbagai spot-spot foto menarik dengan tema persawahan dengan khas jerami dan petani.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.