× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Tak Hanya Lezat, Ini 6 Khasiat Buah Buni bagi Kesehatan Tubuh

05 Desember 2023
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image

epicentrum.co.id - Buah buni merupakan buah berwarna merah yang memiliki bentuk seperti buah anggur, tetapi ukurannya lebih kecil. Meski sudah makin langka, buah ini mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Buah buni berasal dari Indonesia, tetapi juga tumbuh di beberapa negara Asia Tenggara lainnya. Buah buni memiliki rasa yang manis ketika sudah matang dan dapat dikonsumsi secara langsung.

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (5/12/23), berikut sederet manfaat buah buni bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengatasi diare

Senyawa tanin yang terkandung dalam buah buni memiliki khasiat dalam mengatasi diare. Senyawa yang bersifat antioksidan ini akan mencegah penyerapan zat beracun penyebab diare. Tanin juga memiliki sifat antibakteri sehingga mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare.

2. Menurunkan tekanan darah

Konsumsi buah buni secara rutin juga dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat ini didapat dari kandungan kalium, kalsium, dan magnesium pada buah buni. Ketiga mineral tersebut dapat melebarkan dan melemaskan pembuluh darah sehingga tekanan darah pun bisa berkurang.

3. Mencegah keriput

Berkat kandungan vitamin E dalam buah buni yang cukup tinggi, Anda dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E memiliki sifat antioksidan sehingga mampu melindungi sel-sel kulit dari efek radikal bebas, termasuk kerusakan pada sel kulit yang membuat kulit menjadi kusam, kendur, dan keriput.

Namun, untuk mendapatkan manfaat ini, Anda juga harus menyertainya dengan perawatan kulit dan penggunaan tabir surya secara rutin.

4. Mencegah serangan jantung

Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan flavonoid dalam buah buni mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit kronis, termasuk serangan jantung dan penyakit jantung. Akan tetapi, manfaat buah buni dalam mencegah kedua penyakit tersebut masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah diabetes

Buah buni juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya diabetes. Manfaat ini didapat dari kandungan flavonoid dalam buah buni yang mampu menangkal radikal bebas penyebab terjadinya penyakit kronis, termasuk diabetes. Selain itu, flavonoid dalam buah buni juga mampu membantu mengontrol kadar gula darah tetap normal.

6. Mencegah kanker

Tak hanya mencegah penyakit jantung dan diabetes, penelitian mengungkapkan bahwa flavonoid dalam buah buni bersifat antikanker serta mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, flavonoid dalam buah buni juga memiliki sifat antiradang yang makin memperkuat perannya dalam mencegah kanker.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.