× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Gitar Kurt Cobain di Acara MTV Unplugged Dilelang

12 Mei 2020
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Frank Micelotta Archive/Getty Images

Epicentrum.co.id - Gitar akustik yang pernah digunakan Kurt Cobain saat tampil bersama bandnya dalam program MTV Unplugged pada 1993 akan dilelang. Harga pembukaan lelang adalah USD1 juta atau sekitar Rp15 miliar.

Gitar klasik Martin D-18E yang diproduksi pada 1959 itu digunakan oleh Cobain lima bulan sebelum vokalis band Nirvana tersebut tewas dalam usia 27 tahun.

Konser Nirvana di New York yang disiarkan MTV melalui program Unplugged merupakan salah satu pertunjukan paling diingat sepanjang masa, seiring penjualan album mereka yang sukses kala itu.

Gitar Cobain akan dijual kepada publik secara live dan online melalui rumah lelang Julien’s Auctions di Beverly Hills pada 19-20 Juni mendatang.

“Julien’s Auctions dengan bangga menawarkan gitar bersejarah milik Kurt Cobain, yang telah mengguncang industri musik dan budaya pop lewat penampilannya bersama Nirvana dalam MTV Unplugged di New York," kata Direktur Julien’s Auctions Darren Julien, seperti dikutip dari laman The Guardian, Selasa (12/5).

Julien menambahkan, gitar tersebut telah menjadi bagian dari sejarah rock n roll lantaran pernah dimainkan oleh salah satu musisi rock paling berpengaruh di dunia, sekaligus ikon musik dan pertunjukan live yang paling diingat sepanjang masa.

Gitar Cobain yang dilelang itu akan disertai pula dengan hard-shell case orisinalnya yang dihiasi flyer album "Feel the Darkness" milik band punk rock di era 1990-an, Poison Idea. Pada case tersebut juga masih tertera tiga tiket baggage claim pesawat serta stiker berlogo Alaska Airlines.

Selain gitar akustik, lelang juga akan dilakukan terhadap item-item lain milik Nirvana. Di antaranya gitar Fender Strat yang pernah digunakan Cobain saat tampil dalam tur konser album "In Utero" pada 1994 serta kemeja berwarna metalik yang dipakai sang musisi dalam video musik Heart-Shaped Box.

Tahun lalu, kardigan lusuh Cobain yang dipakainya dalam MTV Unplugged juga sudah dilelang melalui Julien’s Auctions dengan harga USD334.000 atau sekitar Rp5 miliar.

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.