abo Deeway Gembel, Jatuh Bangun di Dunia Cupang, Kini Jadi Youtuber Ternama | Epicentrum
× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Deeway Gembel, Jatuh Bangun di Dunia Cupang, Kini Jadi Youtuber Ternama

15 Juni 2020
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Credit Gambar / Istimewa

Epicentrum.co.id - Kenangan masa kecil bersemi kembali? Ya itulah daya tarik ikan cupang hias. Masa kanak-kanak yang sangat membahagiakan seolah muncul kembali dalam ingatan kalo kita melihat ikan cupang.

Siapa yang tidak kepincut melihat ikan dengan bentuk dan warna yang menarik? Ekor, sirip warna warni yang lebar dan melambai-lambai ibarat penari dengan kostum pertunjukan yang mewah. Bisa jadi, itulah daya tarik ikan cupang bagi para penggemarnya yang tidak lekang dengan waktu.

Pengalaman ini juga terjadi pada Deeway Gembel seorang icon youtuber cupang hias kontemporer Indonesia. Pengalaman masa kanak-kanaknya lah yang membuatnya kini menceburkan diri sepenuhnya di dunia percupangan hias Indonesia.

Dengan gaya yang khas, rambut tergerai panjang dengan warna cat pirang dan berdandan ala "gembel" Deeway membuat content mengenai dunia ikan cupang hias. Pemaparan dan penuturannya kocak namun lugas dan akurat karena pemahamannya yang mendalam soal ikan cupang hias membuat penampilan kocaknya yang nyeleneh nyentrik lengkap dengan informasi pengetahuan soal percupangan. Tak mengherankan Deeway mendapat sebutan "Presiden Cupang Indonesia" dari para penggemar dan followernya.

"Hobby ikan cupang dari tahun 1986 saat masih kelas 1 SMP." jawab Deeway Gembel saat menjawab wawancara jarak jauh via Whatapps Senin, 15 Juni 2020.

Pada masa kecilnya Deeway mengaku punya 10 kolam ikan cupang di rumahnya namun kemudian hampir 4 tahun lamanya Deeway menjalani hobi cupangnya sampai akhirnya terhenti saat dia masuk SMA dan pindah keluar kota. Cukup lama Deeway meninggalkan hobi masa kecilnya sampai akhirnya pada tahun 2011 dia kembali menerjuni hobinya memelihara ikan cupang hias, terangnya pada epicentrum.co.id

Tidak mudah bagi Deeway saat kembali ke bisnis ikan cupang hias "Saya hidup dalam kemiskinan selama 3 tahun, yaitu dari tahun 2013 sampai 2016," Deeway menceritakan pengalaman pahit saat jatuh bangun bersama ikan cupang hias. Bersama istri dan 3 anaknya Deeway mencari jalan keluar sehingga dia membuat Channel Youtube pertamanya dengan nama populernya 'Deeway Gembel'. Akhiran Gembel yang tersemat pada namanya selain sebagai nama hokinya juga sekaligus menandai sejarah hidupnya yang pernah mengalami kemiskinan dengan hidup "menggembel".

Deeway Gembel kemudian mulai bangkit dan dikenal banyak orang dengan karya video dan ikan cupang hasil breed besutannya. "Berawal dari ngebreed ikan cupang hias biasa, hingga beli indukan ke Thailand yang diperbanyak di rumah saya sampai sekarang," cerita Deeway. "Ikan cupang (hias) Indonesia sekarang ini jauh lebih baik dari negara-negara di luar sana, yang dulu lebih bagus (apabila dibandingkan dengan ikan Cupang) dari Indonesia," jelasnya saat ditanya soal pengalaman dan pengamatan terkait seputar dunia ikan cupang hias Indonesia.

Deeway Gembel juga menerangkan potensi ikan cupang hias Indonesia kini dan masa yang akan datang "Potensi paling besar adalah ikan cupang warna warni (multicolor betta) dan ikan cupang jenis baru varian-varian warna ikan cupang yang telah ada," tulisnya.

Breeder Indonesia sudah banyak belajar dan pengalaman sehingga muncul jenis-jenis ikan cupang baru yang bagus, "Malah bisa mendapatkan gen baru di ikan cupang, warna warna unik misalnya avatar," lanjut Deeway menjelaskan setengah menerawang trend ikan cupang hias Indonesia yang sedang dan akan terjadi kelak.

Menutup pembicaraan, Deeway menjelaskan pada epicentrum.co.id mengenai rutinitas harian dia memproduksi content-content ikan cupang yang menjadikan dirinya Youtuber pertama dan terdepan dalam dunia industri ikan cupang nasional. "Sehari saya wajib nggak bisa tidak harus (produksi) sekali dalam sehari, jika kondisi mendukung saya bisa (produksi content) lebih dari satu bahkan sampai 4 content dalam sehari," terangnya soal kinerja dan produktifitasnya dalam dunia per'youtube'an ikan cupang. Boleh dikatakan, Deeway Gembel termasuk orang yang pertama alias awwalun dalam mengembangkan bisnis ikan cupang ke wilayah media sosial khususnya Youtube yang tadinya belum ada. Kiprahnya menjadi inspirasi buat generasi sekarang memperluas industri cupang pada tingkat selanjutnya. Untuk menjadi seorang penggemar dan menggeluti bisnis ikan cupang hias bisa juga dengan cara membuat content-content kreatif terkait ikan cupang hias selain bisa menjadi pertukaran jnformasi, ajang edukasi, dan sekaligus mendapatkan penghasilan.

"Inspirasi content adalah kira-kira orang lain pemula yang membutuhkan pengalaman atau edukasi bagi para pemula yang belum mengerti, " jelas Deeway menceritakan misinya sebagai Youtuber cupang.

"Isinya bisa saja hanyalah hinaan dan cacian dari para senior di ikan cupang, tapi saya tetap kasih materi edukasi buat mereka yang baru mengenal ikan cupang," ujar Deeway menutup pembicaraan.

Dengan berkembangnya dunia teknologi informasi digital internet dunia bisnis ikan cupang tidak sama dengan masa sebelumnya. Platform internet apakah itu marketplace dan platform medsos menjadi sarana jual beli yang sudah dipraktekkan secara meluas.

Deeway Gembel adalah contoh terbaik lahirnya fenomena baru di dunia internet digital bagaimana industri ikan cupang hias bisa didekati dan dijalani dengan cara baru cara yang berbeda tanpa meninggalkan esensi dunia ikan cupang hias itu sendiri.

Kini, kita menjadi semakin yakin dan optimis bahwa industri ikan cupang hias Indonesia akan semakin baik dan peluang yang semakin terbentang luas. (Khz)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.