abo Biofarma Beri Perkiraan Harga Vaksin Covid-19 | Epicentrum
× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Biofarma Beri Perkiraan Harga Vaksin Covid-19

22 Juli 2020
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Ilustrasi vaksin covid-19 (Foto: Fresh Daily)

epicentrum.co.id - Vaksin corona masih dalam tahap uji klinis. Tapi sudah ada perkiraan soal harganya. Termasuk diantaranya banderol harga vaksin covid-19 Biofarma.

Biofarma yang merupakan perusahaan Induk Holding BUMN Farmasi, telah siap untuk melakukan langkah uji klinis tahap 3 untuk vaksin covid-19. Rencananya bila calon vaksin tersebut sukses melalui tahapan ini, maka akan segera diproduksi secara massal. Diperkirakan, rencana produksi ini akan berlangsung mulai awal tahaun 2021.

Direktur Utama Biofarma, Honesti Basyir, memberikan keterangan soal tahapan uji vaksin tersebut. Basyir mengungkapkan uji klinis vaksin covid-19 Bio Farma ini direncanakan berjalan selama setengah tahun. Apabila lancar, proses uji klinis ditargetkan rampung pada bulan Januari 2021. mendatang. Setelah lolos uji klinis tahap 3 ini, maka Biofarma akan segera masuk fase produksi vaksin covid-19 pada kuartal pertama 2021 mendatang.

Honesti pun mengatakan bahwa Biofarma telah mempersiapkan fasilitas produksi. "Kami sudah mempersiapkan fasilitas produksinya di Biofarma, dengan kapasitas produksi maksimal di 250 juta dosis,” jelasnya.

Harga Vaksin Covid-19 Biofarma

Vaksin Covid-19 Biofarma 

Tak hanya soal fasilitas produksi, Honesti pun mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan perkiraan harga covid-19 Biofarma. Setelah siap diproduksi, pihak Bio Farma telah menyiapkan banderol harga yang tidak terlalu mahal, sehingga dapat terjangkau secara mudah oleh masyarakat luas.

Humas Biofarma, Iwan Setiawan mengungkapkan kisaran harga vaksin corona tersebut "Harganya sekitar Rp75 ribu sampai Rp140 ribu," ujarnya, Rabu, (22/7/2020).

Sebagai informasi, tahapan uji klinis vaksin covid-19 akan dilaksanakan di pusat uji klinis Fakultas Kedokteran UNPAD, Bandung, Jawa Barat. Rencananya, uji klinis vaksin covid-19 akan mengambil sampel sebanyak 1.620 subjek dengan rentang usia antara 18 – 59 tahun. Sampel-sampel tersebut akan dipilih berdasarkan kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan sebelumnya.

Sebagai tahap awal uji klinis tahap 3, vaksin dari Sinovac, Tiongkok, sudah tiba di Biofarma pada tanggal 19 Juli 2020. Jumlah vaksin sebanyak 2.400 buah itu merupakan bagian kerja sama antara kedua perusahaan farmasi tersebut. Vaksin Covid-19 yang dikirimkan dari Sinovac itu akan digunakan untuk kebutuhan fase uji klinis tahap 3. Rencananya pada Agustus 2020 mendatang, uji klinis tahap 3 ini segera dimulai. (sumber)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.