× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Naik Daun, Modifikasi Bergaya Cafe Racer Bikin Motor Makin Keren

14 September 2020
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Ilustrasi motor bergaya cafe racer. (Foto: Pexels.com)

epicentrum.co.id - Sekarang ini tren modifikasi sepeda motor bergaya klasik sedang digandrungi lagi oleh kawula muda. Sejalan dengan menjamurnya tren itu, kini bermunculan modifikasi sepeda motor bergaya café racer

Tak ayal, kini banyak Agen Pemegang Merek (APM) seperti berlomba-lomba merilis sepeda motor bergaya klasik ini, selain mode lainnya yang juga tidak kalah popular seperti bobber, scrambler dan chopper.

Merunut pada historisnya, gaya sepeda motor klasik ini mulai ramai di kalangan kawula muda Inggris pada sekitar tahun 1950. Awalnya, istilah café racer ini mengacu pada sekelompok anak muda yang senang kongkow di cafe, lalu dilanjutkan dengan balapan dari satu cafe ke cafe lainnya.

Beberapa merek asal Inggris kala itu turut meramaikan sepeda motor jenis ini, antara lain Triumph, BSA, AJS hingga Norton.

Karena dulu sering dipakai untuk balapan, maka ciri khas utama motor jenis ini menggunakan setang yang sedikit membungkuk ke depan. Ciri khas lainnya dari motor jenis ini adalah adanya hornet, alias bagian belakang motor yang menyerupai buntut tawon.

Merek Café Racer Terpopuler

Sebagai referensi saja, saat ini ada beberapa merek sepeda motor yang merilis café racer dan cukup populer untuk kelas premium.

Pertama, Royald Enfield, salah satu andalan produsen motor asal India ini adalah seri Continental GT 650, tapi harganya memang cukup menguras kantong sekitar Rp 190 jutaan. Berikutnya, ada Triumph, produsen asal Inggris punya seri Triumph Thruxton 1200 R yang harganya dibanderol di atas Rp 500 jutaan.

Untuk harga yang cukup terjangkau, ada merek Benelli, produsen asal Italia ini punya Benelli Motobi 152 yang harganya dibanderol Rp 19,8 jutaan. Berikutnya ada Kawasaki W Series yang bergaya café racer dengan kisaran harga Rp 33 jutaan saja.

Biaya Modifikasi Café Racer

Saat ini, ada beberapa sepeda motor yang bisa bisa kamu modifikasi bergaya retro yang satu ini. Tak harus motor baru seperti yang sering dijadikan referensi untuk dimodifikasi, yaitu Kawasaki W175, motor lawas seperti Honda CB 100 juga bisa kamu modif bergaya café racer ini, lho.

Apakah cukup mahal untuk upgrade motor café racer? Ya. Sedikitnya, kamu membutuhkan dana sekitar Rp 15 juta Rupiah untuk mendandani motor kamu di bengkel custom.

Rinciannya, biaya ini sudah termasuk ongkos pengerjaan, pengecatan, penggantian beberapa spare part, tambahan windshield, dudukan jok single seater yang dibentuk sesuai konsep café racer yaitu menyerupai buntut tawon. (viva)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.