× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Mensos Risma: Erupsi Semeru Dampak Global Warming, Mungkin Lho Ya!

19 Januari 2021
Penulis : Muhammad Said
Share :
Responsive image
Menteri Sosial Tri Rismaharini membantu membungkus nasi saat mengunjungi Posko Banjir Desa Wonoasri di Tempurejo, Jember, Jawa Timur, Senin (18/1/2021). (Foto: Humas Kemensos)

epicentrum.co.id, LUMAJANG - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyebut peristiwa erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur kemungkinan sebagai dampak dari pemanasan global atau global warming. Hal ini diungkapkan Risma saat berkunjung ke Kabupaten Lumajang, Senin petang (18/1/2021).

"Kita tidak tahu apa yang akan terjadi. Semua harus siap. Karena memang dampak global warming ini luar biasa," kata Risma di Pendapa Kabupaten Lumajang.

Menurut Risma, erupsi Semeru bisa saja dampak dari global warming. "Mungkin lho ya, karena saya teorinya tidak tahu dan saya juga bukan ahlinya. Tapi karena ada gempa bumi, kemudian ada goyangan-goyangan di lempengan yang menyebabkan adanya erupsi Gunung Semeru dan sebagainya, kita tidak tahu. Tapi kita harus siap," ujar Ketua DPP PDI Perjuangan tersebut.

Gunung Semeru kembali memuntahkan lava pijar ke arah Besuk Kobokan, Kecamatan Candipuro, Sabtu sore (16/1/2021). Muntahan lava pijar ini menimbulkan awan panas guguran yang menyelimuti gunung api tertinggi di pulau Jawa ini.

Awan panas guguran terjadi pada pukul 17.24 WIB sampai 18.35 WIB dengan amplitudo maksimum 22 mm dan durasi 4.287 detik. Jarak luncur awan panas sekitar 4 kilometer ke arah Besuk Kobokan. [tempo]

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.