× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Mandi Air Hangat Disebut Mampu Cegah Perut Buncit, Benarkah?

14 September 2021
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Ilustrasi keramas atau mandi. Photo : Pixabay

epicentrum.co.id - Banyak orang yang tak percaya diri dengan perut buncit lantaran membuat tampilan tak menarik. Bukan itu saja, perut buncit yang dibiarkan juga ternyata memicu bahaya fatal berkaitan dengan kesehatan.

Dijelaskan Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. I Yuwanda, perut buncit terdiri dari dua tipe. Pertama, dengan bentuk lemak dan kulit yang menggelambir namun tak memicu dampak berbahaya bagi kesehatan.

Berbeda dengan tipe kedua, yakni bentuk yang membesar di bagian perut saja seperti sedang dalam kondisi hamil. Di kondisi ini, artinya lemak menempel di organ bagian dalam perut seperti usus, pangkreas, dan lambung.

"Lemak yang menempel di organ dalam juga bisa di jantung, hati, liver, limpa, usus dan ginjal. Apabila menumpuk berlebih, dapat menghambat pembuluh darah dan menyebabkan plak," jelasnya dalam acara Hidup Sehat, tvOne, baru-baru ini.

Penyumbatan pembuluh darah secara terus menerus dapat mengakibatkan bahaya bagi otak dan jantung. Sebab, asupan darah yang terhambat ke kedua organ itu bisa memicu bahaya stroke hingga serangan jantung. Untuk itu, dibutuhkan pencegahan tepat agar perut buncit dapat diatasi.

Salah satunya dengan mengelola stres yang rentan terjadi pada kaum urban. Stres yang dibiarkan bisa memicu hormon kurang baik bagi tubuh, serta gaya hidup yang tak sehat seperti mengonsumsi makanan manis dan berujung pada perut buncit.

"Mengelola stres bisa dilakukan dengan berbagai cara. Seperti mandi air hangat agar tubuh lebih rileks," ujar Yuwanda.

Mandi air hangat saat sore atau malam hari bermanfaat untuk tubuh lebih rileks sehingga lebih mudah terlelap. Kualitas tidur yang cukup tentunya membuat kinerja tubuh lebih baik sehingga menekan rasa stres.

"Selain itu, kelola stres bisa dimulai dengan relaksasi diri saat pagi hari, melalui meditasi," ucap Yuwanda.

Namun, pengelaan stres harus diimbangi dengan pengolahan makanan yang tepat seperti mengurangi minyak atau memilih minyak yang lebih sehat. Hidrasi juga tubuh dengan minimal 1,5 liter air mineral.

"Meningkatkan aktivitas juga dengan olahraga. Bisa jalan santai selama 20-30 menit dilakukan 5 hari dalam seminggu," katanya. (VIVA)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.