× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Indonesia Jadi Negara Ketiga yang Kembangkan Fashion Muslim Terbaik

27 September 2021
Penulis : Joni Andromeda
Share :
Responsive image
Modest Fashion Project (MOFP) 2021. Photo : Ist

epicentrum.co.id - Data Kementerian Perindustrian menyebut, Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fashion muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki.

Sementara itu, mengenai pertumbuhan industri fashion muslim dunia, The State Global Islamic Ecomony (SGIE) Report 2020/2021 melaporkan proyeksi konsumsi fashion muslim dunia pada 2024 akan mencapai US$311 miliar. Sedangkan konsumsi fashion muslim Indonesia pada tahun 2019 adalah senilai US$16 miliar, atau terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Saudi Arabia dan Pakistan.

Hal ini menunjukkan betapa berkembangnya infustri fashion muslim di Indonesia. Untuk itu, Kementerian Perindustrian berkomitmen mengembangkan industri fashion muslim nasional. Salah satunya dengan menyelenggarakan Modest Fashion Project (MOFP) 2021.

Setelah melalui proses panjang, kompetisi MOFP telah sampai di tahap grand final. MOFP merupakan kompetisi desain dan konsep bisnis fashion muslim yang diselenggarakan Direktorat Jenderal IKMA Kemenperin sejak 2018.

Tahun ini, Inagurasi atau puncak kegiatan MOFP 2021 dilaksanakan secara hybrid. Sgenda penjurian grand final, diisi dengan penampilan karya para desainer MOFP tahun sebelumnya, sekaligus pengumuman kompetisi MOFP 2021.

"Seluruh peserta yang dinyatakan lolos sebagai finalis 20 besar kompetisi MOFP berhak mendapatkan program pembinaan dari Ditjen IKMA selama dua tahun berupa coaching start up IKM fashion muslim dan berbagai kegiatan pembinaan lainnya," kata
Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka Kemenperin, Reni Yanita dalam keterangan tertulisnya.

Reni mengungkapkan kompetisi MOFP bertujuan untuk memberikan wadah dan panggung kepada desainer muda agar mampu menjadi wirausaha fashion muslim yang berdaya saing. Menurut Reni, peran desainer sangat penting dalam menentukan arah tren serta pengembangan inovasi baru dalam pengembangan produk fashion muslim di Indonesia.

"Sudah banyak nama desainer fashion maupun brand fashion Indonesia yang mendunia, dan saya harap finalis MOFP bisa menjadi desainer fashion yang juga dapat berkarya di kancah dunia mempromosikan dan memajukan potensi industri fashion muslim nasional," ucap Reni.

Dengan beragam pembinaan dan dukungan terhadap industri fashion muslim Tanah Air, Reni optimistis Indonesia dapat menjadi salah satu pusat fashion muslim dunia. Reni juga berharap kompetisi MOFP dapat menjadi ajang untuk memperluas pengalaman, jejaring, wawasan, serta ilmu bagi desainer fashion muslim Tanah Air. (VIVA)

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.