× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Doa Masuk Bulan Rajab , Amalan Mohon Ampunan Allah SWT

27 April 2022
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Doa Sambut Bulan Rajab

Epicentrum.co.id -  Doa masuk bulan Rajab menjadi salah satu amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Di mana salah satu amalan ini nyatanya terbukti dapat membuat umat Muslim yang membacanya jadi tenang dan damai. 

Dalam Islam dianjurkan bagi umat Muslim untuk tidak henti selalu meminta dan memohon doa kepada Allah SWT di setiap waktu. Tidak hanya doa yang selalu rutin dipanjatkan setiap waktunya, tapi beberapa doa menyambut bulan mulia pun kita dianjurkan untuk mengamalkannya.

Sebut saja misalnya doa masuk bulan Rajab. Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menetapkan 1 Rajab 1443 H jatuh pada 3 Februari 2022. Meskipun sudah lewat, sekadar informasi saja bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang begitu diagungkan serta dimuliakan.

Rasulullah SAW pernah mengatakan, jika bulan Rajab merupakan bulannya Allah SWT, sedangkan Syaban merupakan bulannya umat Nabi Muhammad SAW. Saking mulianya, maka Rasulullah menganjurkan umat Muslim di berbagai penjuru dunia agar mengamalkan doa masuk bulan Rajab.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. At-taubah ayat 36, bulan Rajab adalah salah satu bulan haram (untuk berperang). Rasulullah juga pernah bersabda melalui H.R. Bukhari dan Muslim, yang berbunyi:

"Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana kondisinya, ketika Allah menciptakan langi dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan, di antaranya empat bulan haram. Tiga bulan berturut-turut Dzulqa'dah, Dzuljijjah, Muharram, dan satu bulan antara Jumadil Akhir dan Sya'ban".

Dari sabda di atas jelas, menunjukkan jika bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang sangat diagungkan serta dimuliakan. Begitu banyak amalan yang bisa dilakukan umat Muslim di bulan ini. Seperti salah satunya memanjatkan doa masuk bulan Rajab.

Hal tersebut lantaran, begitu besar pahala yang didapatkannya dengan membaca doa masuk bulan Rajab.

Doa Masuk Bulan Rajab

Rasulullah SAW memberikan contoh agar seluruh umat Muslim mengamalkan doa masuk bulan Rajab beserta artinya agar lebih menghayati maknanya lebih mendalam.  Berikut ini terdapat doa masuk bulan Rajab beserta artinya yang bisa Anda ketahui.

1, Doa Masuk Bulan Rajab

"Alloohumma baariklanaa fii rojaba wa sya’baana waballighnaa romadloon"

Artinya:Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan. Dikutip dari islam.nu.or.id, doa tersebut merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah ketika memasuki bulan Rajab. 

Doa tersebut diriwayatkan juga dalam kitab Hilyatul Auliya dengan sanad dhaif. Bersumber dari Ziyad An-Numairi dari Anas bin Malik RA. Ia berkata, ‘Rasulullah Saw ketika memasuki bulan Rajab berkata: Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya’ban. Sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan.’ Riwayat serupa juga kami riwayatkan dari kitab Ibnus Sinni.

Doa masuk bulan Rajab di atas ini bisa diamalkan setelah melakukan sholat. Di mana dengan memanjatkan doa tersebut kita berharap semakin ditingkatkannya rasa takwa dan aman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Ternyata selain doa masuk bulan Rajab, ada pula doa-doa lainnya yang dianjurkan atau disarankan untuk dibaca selama memasuki bulan Rajab. Adapun sebagai berikut ini:


A. Doa Memohon Ampunan

Anda bisa membaca doa memohon ampun pada bulan rajab seperti berikut:

"Rabbighfirli warhamni watub 'alayya"

Artinya: "Ya Allah, ampunilah aku, rahmatilah aku, dan terimalah taubatku

B. Sayyidul Istighfar

Para ulama menganjurkan agar setiap berdoa kita lebih dulu beristighfar, agar kita selalu senantiasa menjadi seseorang yang sadar akan salah dan menjadi seorang pemaaf. Adapun berikut ini doanya:

Allahumma anta rabbi, la ilaha illa anta khalaqtani. Wa ana ‘abduka, wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa‘dika mastatha‘tu. A‘udzu bika min syarri ma shana‘tu. Abu’u laka bini‘matika ‘alayya. Wa abu’u bidzanbi. Faghfirli. Fa innahu la yaghfirudz dzunaba illa anta.

Artinya: “Hai Tuhanku, Engkau Tuhanku. Tiada tuhan yang disembah selain Engkau. Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Aku berada dalam perintah iman sesuai perjanjian-Mu sebatas kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang kuperbuat. Kepada-Mu, aku mengakui segala nikmat-Mu padaku. Aku mengakui dosaku. Maka itu ampunilah dosaku. Sungguh tiada yang mengampuni dosa selain Engkau.

3. Perbanyak zikir

Memperbanyak zikir bisa diamalkan kapan saja. Hal tersebut lantaran,  zikir merupakan sebuah meditasi yang memberi kita ketenangan untuk membangun kesadaran spiritual yang tinggi sehingga kita bisa menjadi lebih dekat dan menyadari keberadaan Allah SWT.


VIVA.CO.ID

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.