× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

PPKM Level 4 Dilanjutkan, DPR : Masyarakat Harus Patuhi Prokes

26 Juli 2021
Penulis : Dani
Share :
Responsive image
komitmen pemerintah untuk tetap mengedepankan dan mengutamakan penanganan kesehatan

Epicentrum.co.id - Terkait kebijakan perpanjangan PPKM Level 4, Wakil Ketua Komisi IX DPR Melkiades Laka Lena mengingatkan agar masyarakat tetap patuhi prokes untuk mencegah klaster baru. 

Melkiades juga melihat bahwa komitmen pemerintah untuk tetap mengedepankan dan mengutamakan penanganan kesehatan dengan perpanjangan PPKM Level 4 di berbagai daerah.

"Dengan kebijakan kita tetap akan menyelesaikan tentu yang utama penanganan kesehatan. Dengan begitu kita tetap mendukung dan men-support kebijakan ini bisa berjalan dengan efektif di lapangan," kata Melki kepada wartawan, Senin (26/7/2021).

Kemudian, Melki melanjutkan, pihaknya juga memberikan terhadap beberapa penyesuaian untuk berbagai kegiatan ekonomi di lapangan, baik itu untuk UMKM, warung makan, kegiatan pasar dan sebagainya. Tentu ini bisa membuka ruang bagi masyarakat untuk bisa bekerja dengan berbagai pembatasan dan penyesuaian yang harus dilakukan.

"Misalnya dengan batas waktu 20 menit, dengan waktu buka sampai sore, atau buka sampai malam dengan kapasitas yang makan juga terbatas. Tentu ini membuka ruang kita juga untuk tetap menjalankan kegiatan ekonomi tapi juga dengan prokes yang sangat ketat," tegas Ketua DPP Partai Golkar ini.

Menurut Melki, inti dari semua ini adalah sektor hulu. Pihaknya berharap bahwa semua pihak dapat memastikan semua protokol kesehatan berjalan dan dilaksanakan oleh seluruh warga masyarakat, oleh seluruh pemimpin, dan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sehingga, dengan seluruh pembatasan di sektor hulu, betul-betul bisa menahan angka positif dan menekan orang-orang agar tidak menularkan satu sama lain.

"Dan juga tentu dengan prokes yang ketat itu priority yang akan dibuka secara terbatas ini juga tidak menjadi tempat penularan baru," ujarnya.

"Termasuk kita juga memberikan pelaksanaan vaksinasi di lapangan yang masih menimbulkan kerumunan harus dilakukan dengan prokes yang sangat ketat, karena di tempat vaksinasi, sebagian sudah berjalan dengan baik, sebagian lagi prokes masih perlu dirapikan lagi pola vaksinasi di berbagai daerah," imbuh Melki.

Terakhir, kata legislator Dapil Nusa Tenggata Timur ini, isolasi mandiri di tingkat bawah atau di level mikro juga harus betul-betul dipastikan berjalan baik sama halnya dengan tempat isolaso di level pusat seperti di RS, puskesmas, atau di klinik yang digunakan untuk penanganan Covid. Itu semua harus betul-betul diperkuat kapasitasnya, baik itu tenaga kesehatan (nakes) yang memadai, obat-obatan, juga oksigen.

"Dan kita betul-betul membutuhkan pasrtisipasi semua pihak untuk menjadi nakes dengan baik,  untuk memastikan bahwa jika ada yang terkena Covid bisa saling membantu, dan juga saling mendukung," pinta Melki.

Selain itu, dia juga mendorong agar sektor sosial di mana masyarakat membutuhkan bantuan sosial (bansos), berbagai dukungan yang dijanjikan baik itu subsidi listrik, subsidi internet, sembako dan juga bantuan langsung yang bersifat tunai bisa segera disampaikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Melki menambahkan bahwa penanganan pandemi ini membutuhkan gotong royong dan kerja sama semua pihak supaya bisa menanganani aspek kesehatan dengan baik, tetap menjalankan kegiatan ekonomi dengan baik dengan prokes yang ketat dan tentu secara sosial juga harus saling mendukung terutama bagi mereka yang sangat terpukul atau mereka-mereka yang sangat membutuhkan di situasi saat ini.

"Dibutuhkan solidaritas kita satu sama lain," pesannya. 

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.