× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Sejumlah Kalangan Minta Civitas Kampus Tak Buat Pernyataan Provokatif

09 Februari 2024
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Gredit Photo / Istimewa

Epicentrum.co.id - Sekelompok Alumni Universitas Indonesia yang tergabung dalam Kesatuan Aksi Alumni Universitas Indonesia (KA2UI) menyatakan sikap menanggapi dinamika politik terkini.

Bahwa KA2UI patut mengulangi lagi apa yang dimaksud dengan kebebasan mimbar akademik sebagaimana yang tercantum dalam Pasal 10 ayat (3) dalam PP Nomor 75/2021 dengan bunyi: 'merupakan wewenang Profesor dan / atau Dosen yang memiliki otoritas dan wibawa ilmiah untuk menyatakan secara terbuka dan bertanggung jawab mengenai sesuatu yang berkenaan dengan rumpun ilmu dan cabang ilmunya.'

Merespon pernyataan sekelompok orang yang menamakan diri sebagai Civitas Akademika Universitas Indonesia yang dibacakan oleh Prof. Harkristuti Harkriswono. Seluruh penyataan yang diberikan – sebanyak 4 poin – sama sekali bukan di ruang diskusi, debat, atau seminar, tetapi di sela Dies Natalis Universitas Indonesia yang dihadiri berbagai kalangan.

“Penggunaan pelbagai atribut keilmuan, sekalipun itu melekat dengan pribadi masing-masing, bercampur dengan mahasiswa dan alumni dalam kegiatan itu, terasa sekali jauh dari nuansa akademis dan nilai-nilai dasar yang menjadi visi, misi, dan tujuan Universitas Indonesia. Martabat Dies Natalis Universitas Indonesia dengan sengaja telah dikerdilkan dengan kegiatan non akademis itu.” Ujar Dr. Kun Nurachadijat Perwakilan Alumni Universitas Indonesia yang tergabung dalam KA2UI yang juga Ketua OPT UI 1996 yang dulu mencetuskan demonstrasi Mahasiswa UI Bersatu dimana ada Yun Hap didalamnya.

Lebih lanjut dalam pernyataan Sikap yang dibacakan, Dr. Kun Nurachadijat mengatakan “Seluruh stakeholders dan shareholders politik, baik dalam bentuk lembaga negara, masyarakat sipil, hingga partai-partai politik, perlu untuk melakukan rembug nasional pasca pemilihan umum 14 Februari 2024. Sebelum momentum itu, diperlukan sikap mawas diri dari seluruh kalangan, termasuk civitas academika Universitas Indonesia, dalam bentuk menahan diri untuk memberikan pernyataan-pernyataan yang provokatif dan kontra produktif bagi rakyat Indonesia.”

Dalam kesempatan itu, Muara Karta, SH, MM juga mengatakan “KA2UI menghimbau seluruh civitas akademika Universitas Indonesia, baik yang berada di kampus atau luar kampus, agar ikut serta menjaga sikap menjelang hari-hari Pemilihan Umum.”

Forum Guru Besar Indonesia

Sementara itu, dalam menyikapi perkembangan kehidupan kebangsaan yang semakin memanas antara golongan civitas akademika, Presidium Forum Guru Besar Indonesia menghimbau seluruh rekan sejawat civitas akademi di seluruh kampus di Indonesia untuk menempatkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan elektoral sesaat.

Hal ini adalah salah satu maklumat yang disampaikan Forum Guru Besar sebagai hasil Silaturahmi Presidium yang dilakukan di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta, Kamis (8/1/2024).

“Segenap elemen masyarakat khusunya para akademisi dan cendekiawan serta tokoh-tokoh masyarakat hendaknya menyampaikan pemikiran pemikiran yang lebih menyejukkan dari pada membakar situasi, lebih mendamaikan daripada meramaikan, lebih solutif dari pada provokatif" ungkap Ketua Presidium Guru Besar Prof. Singgih Tri Sulistyono, yang merupakan Guru Besar Universitas Diponegoro.

Dalam silaturahmi tersebut, sekitar 15 orang Guru Besar hadir dan menghasilkan 8 maklumat yang dimaksudkan untuk mendinginkan dan mendamaikan suasana serta solutif terhadap persoalan persoalan kebangsaan.

Prof Singgih berharap maklumat yang disampaikan oleh presidum dapat menjadi pencerah bagi semua pihak demi keutuhan dan kejayaan NKRI.

"Marilah kita jaga, kita rawat, dan kita kembangkan terus pusaka NKRI ini sebagai rumah bersama yang aman, tentram damai, bersatu, saling mengasihi, saling menghormati, gotong royong penuh kekeluargaan, tanggung jawab, sejahtera, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945" harap Prof Singgih.

 





Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.