× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

TNI Siap Jika Mesti Evakuasi WNI di Wuhan

29 Januari 2020
Penulis :
Share :
Responsive image
Boeing 737 milik TNI

epicentrum.co.id, JAKARTA - Virus Corona yang tengah mewabah di China kini semakin mengkhawatirkan. Bahkan, sejumlah mahasiswa dan Warga Negara Indonesia di China meminta kepada pemerintah untuk dipulangkan karena khawatir terinfeksi virus tersebut.

Menanggapi hal ini, TNI AU telah menyiapkan tiga pesawat yang akan digunakan untuk mengevakuasi WNI di China. Selain pesawat, TNI AU juga telah menyiapkan personel kesehatan yang juga akan dikerahkan untuk melakukan evakuasi.

"Ya, hasil rapat kemarin, 2 hari yang lalu kita rapat dengan Kementerian Polhukam dan Kemenkes, Kemenlu juga kita sudah siapkan pesawat dua Boeing 737 dan satu C130 Hercules. Kita juga siapkan personel dari Batalyon Kesehatan," kata Marsma Fajar Adrianto, Rabu 29 Januari 2020

Saat ini, TNI AU sudah siap bergerak jika ada instruksi dari pemerintah untuk melakukan evakuasi. Diharapkan Pemerintah China memberikan izin untuk Indonesia memulangkan warganya.

"Nunggu dari Kemenlu, bisa tembus enggak ke pemerintah sana (China) agar kita bisa berangkat atau tidak, yang jelas TNI AU siap 24 jam," ujar Fajar.

Sejauh ini, kata Fajar, data WNI yang ada di China terus berubah, dan hampir setiap hari datanya terus naik. Setidaknya ada lebih dari 100 WNI yang saat ini ada di China.

"Kita juga belum tahu siapa yang kena, siapa yang tidak, untuk menyiapkan kita lebih banyak ada 2 Boeing dan 1 Hercules. Kalaupun harus mengangkut sampai 100-200 orang masih mampu," ujarnya. (vivanews)

 

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.