× Home Politik
Ekonomi
Hukum
Gaya Hidup
Olahraga
Diskursus
Commerce
Video
Serba Serbi
Photo

Warga Sumut Keluhkan Proses PPDB, Gubernur Edy: Memang Sulit

10 Juni 2021
Penulis : Komang Adyana
Share :
Responsive image
Credit Photo / Detik

Epicentrum.co.id - Banyak keluhan masyarakat terkait dengan pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tahun ajaran 2021-2022. Salah satunya dari warga Sumatera Utara.

Merespons hal tersebut, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi berjanji akan melakukan evaluasi pada pelaksanaan PPDB dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut.

"Sistem yang selalu berubah jadi tidak permanen, sulit dia. Saya sudah baca itu dan memang sulit," sebut Edy menjawab wartawan di Rumah Dinas Gubernur,  dikutip Kamis, 10 Juni 2021.

Edy mengaku bahwa belum mendapat laporan menyeluruh terkait persoalan PPDB tahun ini. Karena itu dia akan segera memanggil Kadis Pendidikan Sumut untuk meminta laporan lengkap.

"Nanti segera saya cek, habis itu nanti kita evaluasi, kita perbaiki," jelas Edy.

Edy mengatakan, ada tiga jalur PPDB yang tersedia. Yakni jalur prestasi, jalur afirmasi dan jalur zonasi. Menurutnya, itu saja yang jadi pedoman.

"Itu aja kita ikuti. Nanti pelaksanaannya, saya akan segera panggil (Kadis Pendidikan)," jelasnya.

Namun, Edy belum mau merinci terkait dengan evaluasi tersebut. Tapi, ia menginstruksi kepada Disdik Sumut untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dan siswa yang akan mendaftar PPDB itu.

"Kita lihat apa persoalannya, kita perbaiki. Intinya adalah kita akan merekrut anak-anak kita untuk menuntut ilmu. Itu yang jadi persoalan. Jangan yang lain-lain dipersoalkan. Yang bisa kita benahi, kita benahi," jelas Edy.

Disdik Sumatera Utara memperpanjang pendaftaran PPDB online dari tanggal 10 hingga 11 Juni 2021. Karena, orang tua dan siswa yang ingin mendaftar secara online sempat mengalami ganguan.

Perpanjangan pendaftaran PPDB itu, untuk jalur Prestasi, jalur Afirmasi dan jalur perpindahan orang tua/wali. Dengan itu, pengumuman untuk ketiga jalur itu pun, juga diundur pada 14 Juni 2021. Yang disebelumnya, dijadwalkan pada 13 Juni 2021.

Berdasarkan data diperoleh dari Disdik Sumut, untuk siswa sudah memiliki akun sebanyak 46.811 orang di sistem PPDB online dimiliki oleh Disdik Sumut. Sedangkan, yang sudah mendaftar sesuai tiga jalur tersebut, sebanyak 21.499 orang. 

Untuk target penerimaan siswa baru tahun ini, SMA/SMK sebanyak 154.057 orang. Dengan perincian 92.377 siswa SMA dan 61.680 siswa SMK.

VIVA

Komentar
Tulis Komentar
Kode Acak
Menyajikan berita terhangat dan terpercaya langsung melalui handphone anda
© 2020 Epicentrum. All Rights Reserved.